Home HAM Dibukanya Kembali LBH Jakarta-YLBHI paska Penyerangan
HAM

Dibukanya Kembali LBH Jakarta-YLBHI paska Penyerangan

4 min read
0
0
702

Dalam rangka pembukaan kembali operasionalisasi kantor LBH Jakarta-YLBHI, masyarakat sayang LBH Jakarta-YLBHI menggagas satu acara dan dukungan terhadap LBH Jakarta-YLBHI pada hari Senin, 25 September 2017, bertempat di pelataran gedung LBH Jakarta-YLBH.

Acara ini juga turut dihadiri oleh beberapa orang tokoh nasional diantaranya : Romo Frans Magnis S, Suraji (Gusdurian), Bambang Widjojanto (mantan wakil ketua KPK), Fuji Abdurrahman (Pemuda Muhammadiyah), Usman (Banser NU DKI), Andi Gani (KSBI), Pendeta Gultom, dan juga elemen masyarakat yang selama ini telah menjalin hubungan erat bersama LBH Jakarta-YLBHI dalam rangka mencari keadilan terhadap beberapa masalah atau kasus yang menimpa mereka.

Ibu Neneng, perwakilan dari masyarakat sayang LBH Jakarta-YLBHI, yang berasal dari Desa Suka Mulya, Kec.Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat, mengawali acara ini dengan pembacaan narasi LBH Rumah Kita. Dia juga merupakan salah satu masyarakat yang mendapatkan pendampingan hukum dari LBH Jakarta-YLBHI.

Sejak 19 September 2017, Ananda Badudu membuka layanan penggalangan dana di kitabisa.com untuk membantu perbaikan gedun LBH Jakarta yang rusak akibat kejadian pada minggu malam 17 September 2017, sekitar pukul 21:00 hingga senin 18 September 2017 dinihari, dimana ratusan massa datang mengepung gedung LBH Jakarta, meneriakkan ancaman mengerikan, merusak dan mencoba membuat kerusuhan karena berita bohong acara PKI atau komunisme.

Dari penggalangan dana tersebut berhasil terkumpul dana sebesar Rp. 41.854.396,- yang diberikan secara simbolik dari perwakilan masyarakat sayang LBH kepada Direktur LBH Jakarta Al Ghifari Yaksa dan Direktur YLBHI Asfinawati.

Al Ghifari merasa sangat terharu dan berterima kasih sekali terhadap dukungan dan bantuan yang diberikan oleh masyarakat dan bahkan ada orang-orang yang tak terduga yang selama ini belum pernah mendapatkan perlindungan atau bantuan hukum dari LBHJakarta, namun ketika mereka melihat dan mendengar adanya pengerusakan terhadap gedung LBH Jakarta, mereka mau memberikan bantuaannya, ini adalah sebagai bentuk ikatan persaudaraan terhadap keadilan. Ketika LBH diserang ada ketidak adilan disana dan ini menjadi momen bagi kami untuk bekerja lebih giat lagi dalam mengabdi untuk masyarakat sambut Al Ghifari Yaksa. Bantuan tersebut juga sebagai bentuk akal sehat dari kita semua atas isu yang menimpa LBH Jakarta, tidak ada yang bisa melampaui kemanusiaan dan keadilan ujar Asfinawati.
Penandatanganan deklarasi dukungan terhadap LBH Jakarta, diwakili oleh beberapa elemen masyarakat, diantaranya : Romo Frans Magnis S, Usman (Banser DKI), Fuji Abdurrahman (Pemuda Muhammadiyah), Pendeta Gultom, Sunarno (KASBI), Jumisih (KPBI).

Acara yang berlangsung sederhana ini ditutup dengan pembukaan pintu Gedung LBH Jakarta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang juga menandakan dimulainya kembali opersionalisasi layanan masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum dari LBH Jakarta-YLBHI.

Kontributor : Deden Rohyadi
Sumber Foto : Istimewa

Load More Related Articles
Load More By swarna
Load More In HAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ormas Barupas Gelar Deklarasi Dukung Penuh Pradi-Afifah

Jajaran pengurus BARUPAS dalam deklarasinya mendukung Pradi Supriatna dan Afifah Alia seba…